Rabu, 29 September 2010

metode pengesuhan anak

Proses mendidik anak dengan metode psikologi



Proses mendidik anak dengan metode psikologi

Ada beberapa gaya-gaya pengasuhan terhadap anak , yaitu :


  • Pengasuhan yang Otoriter  : suatu cara mendidik anak dengan membatasi dan menghukum yang menunut anak untuk mengikuti perintah-perintah orang tua dan menghormati pekerjaan dan usaha. Orang tua yang otoriter  menetapkan batas-batas yang tegas dan tidak memberi peluang yang besar kepada anak-anak untuk berbicara ( bermusyawarah ). Anak-anak yang orang tuanaya otoriter sering kali cemas akan perbandingan sosial, gagal memprakasai kegiatan dan memiliki keterampilan komunikasi yang rendah.
  • Pengasuhan yang otoritatif : mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakan-tindakan mereka. Musyawarah verbal yang ekstensif dan orang tua memperlihatkan kehangatan serta kasih sayang kepada anak. Pengasuhan yang otoritatif di asosiasikan dengan kopetensi sosial anak-anak.
  • Pengasuhan yang permisif indiferent : suatu gaya pengasuhan dimana orang tua sangat tidak terlibat dalam kehidupan anak tipe pengasuhan ini di asosiasikan dengan inkompetensi sosial anak, khususnya kurangnya kendali diri. Anak-anak yang orang tuanya permisif indiferent inkopeten secara sosial mereka memperlihatkan kendali diri yang buruk dan tidak membangun kemandirian dengan baik.
  Pengasuhan yang permissive indulgent : suatu gaya pengasuhan dimana orang tua sangat terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka tetapi menetapkan sedikit batasan atau kendali terhadap mereka. Pengasuhan yang permissiv e indulgent di asosiasikan dengan inkompetensi sosial anak, khususnya kurang kendali diri. Anak-anak yang orang tuanya permissive indulgent jarang belajar menghormati pada orang lain dan mengalami kesulitan mengendalikan perilaku mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar